MAHASISWA BARU PERBANDINGAN MADZAB IKUTI ORIENTASI MAHASISWA (ORMASI) 2024

pm.uin-suska.ac.id- Bersama DEMA FASIH UIN SUSKA RIAU Mahasiswa Baru Program Studi Perbandingan Mazhab dan Hukum sukses mengikuti Orientasi Mahasiswa ( ORMASIH ) untuk mewujudkan “Mahasiswa Berkarakter Melalui Kepemimpinan Keaktifan Berorganisasi dan Prestasi Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Yang Holistik.”

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Jum’at 4 0ktober s/d Minggu 6 Oktober 2024, yang bertempatan di gedung PKM UIN SUSKA RIAU. Sekilas mengenai ORMASIH ( orientasi mahasiswa ) merupakan orientasi studi dan pengenalan kampus berupa kegiatan  yang dilakukan di awal perkuliahan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru, pada  Fakultas syari’ah sendiri ORMASIH bertujuan Untuk mengenalkan budaya kampus kepada mahasiswa baru fakultas syari’ah dan hukum serta memiliki gambaran tentang lingkungan dan sistem perkuliahan di UIN SUSKA RIAU khususnya Fakultas Syari’ah dan Hukum. Ada pun manfaat ORMASIH ini berupa:

  1. Memperkenalkan kampus, fasilitas, dan lingkungan perkuliahan 
  2. Memperkenalkan budaya dan nilai-nilai kampus 
  3. Membantu siswa baru beradaptasi dengan dunia perkuliahan 
  4. Menambah hubungan dengan siswa baru lainnya 
  5. Memberikan pengalaman seru 
  6. Melatih keterampilan komunikasi dan kedisiplinan 
  7. Memahami keterampilan dan kompetensi, seperti kepemimpinan dan kerja sama tim 

Kegiatan ORMASIH tahun ini diselenggarakan selama 3 hari, selama dalam kegiatan ORMASIH Mahasiswa baru banyak dibekali dengan kegiatan yang sangat bermanfaat baik untuk diri sendiri atau pun untuk perkuliahan, hari pertama mahasiswa baru disambut dengan pembukaan acara orientasi mahasiswa fakultas syari’ah dan hukum yang diberi kata sambutan sebagai pembukaan ORMASIH 2024 oleh dekan fakultas syariah dan hukum oleh bapak Dr. H. Zulkifli, M.Ag. Acara berlanjut ke seminar dan sosialisasi setiap HMPS Per-Program Studi.

Pada hari ke-2 acara dilanjutkan dengan sosialisasi dengan berbagai tokoh aktivis yang di undang oleh DEMA Fasih, dengan judul materi pertama “Peran Akademis Dalam masyarakat.” Berlanjut pada pemateri selanjutnya dengan judul “Etika dan Moral.” Agar tidak bosan para peserta ORMASIH juga diberi hiburan dan coffee break, Acara ORMASIH tahun ini tak kalah seru dengan tahun lalu, banyak berbagai macam permainan serta soal tanya jawab yang disugukan dan membuat mahasiswa berlomba-lomba untuk menunjukkan keaktifan pada dunia kampus.  Berlanjut pada materi yang di suguhkan oleh pemateri ini yang berjudul “Public Speaking dan komunikasi.” Sebagai mahasiswa tentu sangat penting ilmu public speaking tersebut sebagai alat komunikasi yang baik untuk mencerminkan diri mahasiswa.

pm.uin-suska.ac.id- Berlanjut pada hari ke-3 ORMASIH kegiatan di hari terakhir ini pun tak kalah serunya dengan kegiatan hari sebelumnya, hari ini yang dinantikan oleh para peserta ORMASIH yaitu kegiatan outbond di hari terakhir, kegiatan ini akan membuat kebersamaan serta belajar sambil bermain, pada kegiatan ini masing masing peserta ORMASIH sudah mempersiapkan penampilan terbaiknya untuk mewakili setiap Program studi mereka dan pasti yang menang akan menerima hadiah. Ada banyak perlombaan yang diadakan seperti lomba ular naga, estafet sarung dan cari karet dalam tepung serta kegiatan senam bersama yang dipersiapkan oleh para panitia. Tak hanya itu acara akhir pun berakhir dengan dengan Pesta Smoke Bomb.