PENGABDIAN MASYARAKAT

Dengan tema

PENGUKURAN ARAH KIBLAT

Dalam rangka Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Program Studi Perbandingan mazhab bersama beberapa Dosen melakukan verifikasi arah kiblat pada Masjid Al-Ikhlas Tampan, Jl. Karya, Tuah Karya, Tampan, Pekanbaru City, Rabu (03/01/2023).

Tujuan dari kegiatan pengukuran arah kiblat tersebut untuk memverifikasi apakah arah kiblat pada masjid tersebut sesuai dengan arah kiblat yang sebenarnya. Kekeliruan dalam penentuan arah kiblat dapat menyebabkan pelaksanaan shalat tidak sah karena tidak menghadap arah kiblat yang tepat. Pengukuran arah kiblat menghasilkan pengukuran menunjukkan bahwa arah kiblat di masjid Al-Ikhlas mengalami ke melencengan sebesar 24° dari arah kiblat yang sebenarnya.

Dengan demikian, kegiatan pengukuran arah kiblat ini memberikan manfaat penting dalam memastikan arah kiblat dalam pelaksanaan shalat dilakukan dengan benar sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Pada kesempatan ini juga dihadiri ketua jurusan perbandingan mazhab yaitu Dr .H. Ahmad Zikri, s.Ag,MH dan Bupati perbandingan mazhab yaitu Panguhalan Harahap sekaligus bersama dengan rekan rekan nya.